Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (Studi Kasus di PT. Telemedia Network Cakrawala)
Main Article Content
Abstract
PT. Telemedia Network Cakrawala (TNC) merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa internet (Internet Service Provider) yang berlokasi di Medan. Seiring dengan tingkat persaingan yang semakin ketat di bidang pelayanan internet maka PT. TNC merasa perlu untuk mengkaji ulang strategi dalam persaingan dan mengevaluasi kemampuan internal perusahaan. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena hasil pengukuran tersebut dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan. Oleh karena itulah, penulis membuat sebuah studi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengukur kinerja perusahaan dan meningkatkan produktivitas dengan menerapkan Balanced Scorecard dan metode Analytic Network Process (ANP). Balanced Scorecard (BSC) merupakan suatu alat yang dapat mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan, baik secara keuangan maupun non keuangan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode Analytic Network Process (ANP) digunakan untuk mengetahui besar bobot keterkaitan 4 perspektif dalam mendukung kinerja perusahaan. Ada 12 kriteria dan 1 alternatif yang digunakan dalam penelitan ini. Hasil akhir perhitungan data finansial yang telah dilakukan maka Kinerja Finansial dengan bobot final 0.2362 atau 23%, Kinerja Konsumen dengan bobot final 0.1975 atau 19%, Kinerja Proses Bisnis dengan bobot final 0.2248 atau 22% dan Kinerja Pertumbuhan dan Pembelajaran dengan bobot final 0.3415 atau 34%, maka Kinerja Pertumbuhan dan Pembelajaran sangat berpengaruh untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software Super Decisions, Microsoft Excel dan Metode ANP.
Article Details
Section
Articles
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
How to Cite
Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (Studi Kasus di PT. Telemedia Network Cakrawala). (2016). Jurnal Eksplora Informatika, 5(1), 51-62. https://www.eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/76
References
Prasetiyatno, Hidayat, et al, (2011). “Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced
Scorecardâ€. Jurnal Performa. Vol. 10, No. 2.
Vanany Iwan (2003). “Aplikasi Analytic Network Process (ANP) pada Perancangan Sistem
Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada PT. X)â€. Jurnal Teknik Industri Institut Teknologi
Sepuluh Nopember. Vol. 5 No. 1.
Hidayati Juliza (2012). “Penerapan Analytical Network Process (ANP) pada Sistem Pengukuran
Kinerja Kebun Sidamanik Pematang Siantarâ€. Jurnal J@TI Undip. Vol. 7 No. 12.
Suhendra Maman (2004). “Evaluasi Atas Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem
Pengukuran Kinerja Perusahaan : Studi Kasus PT. Xâ€. Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan.
Vol. 8 No. 2.
Haddad Ghamar, et al, (2012). “Assessment of Organization Performance using Combined
Approach of Balanced Scorecard and Fuzzy Analytic Network Process (Case Study: A Branch
of Iran University of Medical Sciences)â€. International Journal of Management Sciences and
Business Research. Vol. 1. Issue 11.2010
Luhur Priyantoko, et al, (2010). “Implementasi Performance Prism untuk Sistem
Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus : PT. Preshion Engineering Plastec Surabaya)â€.
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo Madura.
Hernandez CT, et, al, (2012). “Using The Analytic Network Process To Evaluate The Relation
Between Reverse Logistics And Corporate Performance In Brazillian Companiesâ€. Revista
Investagacion Operacional. Vol. 33. No. 1.
Zailani Abdullah (2009). “Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecardâ€. Jurnal
Performance. Vol. 9 No. 2.
Susanti Melila Nur Indah. (2011). “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Analytic Network
Process (ANP) untuk Penempatan Kerja pada Sebuah Institusiâ€. Jurnal Petir. Vol 4. No. 2.
Kaplan, R. and D. Norton, 1996. Translating strategic Into Action –The Balanced Scorecard,
Harvard Business School Press, Boston, Massachusetts.
Saaty, Thomas L. (2001). Decision Making with Dependence and Feedback : The Analytical
Network Process 2nd ed. RWS Publications. Pittsburgh..
Scorecardâ€. Jurnal Performa. Vol. 10, No. 2.
Vanany Iwan (2003). “Aplikasi Analytic Network Process (ANP) pada Perancangan Sistem
Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada PT. X)â€. Jurnal Teknik Industri Institut Teknologi
Sepuluh Nopember. Vol. 5 No. 1.
Hidayati Juliza (2012). “Penerapan Analytical Network Process (ANP) pada Sistem Pengukuran
Kinerja Kebun Sidamanik Pematang Siantarâ€. Jurnal J@TI Undip. Vol. 7 No. 12.
Suhendra Maman (2004). “Evaluasi Atas Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem
Pengukuran Kinerja Perusahaan : Studi Kasus PT. Xâ€. Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan.
Vol. 8 No. 2.
Haddad Ghamar, et al, (2012). “Assessment of Organization Performance using Combined
Approach of Balanced Scorecard and Fuzzy Analytic Network Process (Case Study: A Branch
of Iran University of Medical Sciences)â€. International Journal of Management Sciences and
Business Research. Vol. 1. Issue 11.2010
Luhur Priyantoko, et al, (2010). “Implementasi Performance Prism untuk Sistem
Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus : PT. Preshion Engineering Plastec Surabaya)â€.
Program Studi Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo Madura.
Hernandez CT, et, al, (2012). “Using The Analytic Network Process To Evaluate The Relation
Between Reverse Logistics And Corporate Performance In Brazillian Companiesâ€. Revista
Investagacion Operacional. Vol. 33. No. 1.
Zailani Abdullah (2009). “Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecardâ€. Jurnal
Performance. Vol. 9 No. 2.
Susanti Melila Nur Indah. (2011). “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Analytic Network
Process (ANP) untuk Penempatan Kerja pada Sebuah Institusiâ€. Jurnal Petir. Vol 4. No. 2.
Kaplan, R. and D. Norton, 1996. Translating strategic Into Action –The Balanced Scorecard,
Harvard Business School Press, Boston, Massachusetts.
Saaty, Thomas L. (2001). Decision Making with Dependence and Feedback : The Analytical
Network Process 2nd ed. RWS Publications. Pittsburgh..